Asah Finishing Touch dari Crossing dan Shooting
foto:pshw
Training Session

Asah Finishing Touch dari Crossing dan Shooting

Pola permainan cepat, lugas, dan menyerang benar-benar ditanamkan kepada pemain PS Hizbul Wathan. Itu tecermin dari sesi latihan yang digelar pagi hari.

Bayu Arfian, M Kholis, dan Rizky Sena Eka yang menjadi ujung tombak mendapat porsi banyak dalam latihan penyelesaian akhir (finishing touch). Sementara di tengah, Juan Revi, Afif Allaam Sena, Bagus Prasetya menjadi penopang untuk memasok umpan yang terukur. Pemain belakang Taufiq Karun, Zaka Mabruri, dan Mochamat Faza, dilatih menjadi benteng yang cekatan, terutama sigap dalam pergantian posisi.

“Kami mulai menyentuh teknik pemain setelah hampir seminnggu menggenjot fisik,” ujar Pelatih PSHW Yusuf Ekodono.

Dalam latihan finishing touch, berbagai skema dicoba. Mulai dari skema shooting dan finishing lewat crossing. Menu penyelesaian akhir tersebut dikombinasikan dengan possession ball. Kombinasi tersebut bertujuan untuk memersiapkan pemain agar memiliki kepekaaan dan visi bermain.

Yusuf mengatakan, uji coba melawan Madura United dan Persik Kediri memberi pelajaran berarti. Pasalnya, dari dua kali pertandingan itu dia akhirnya memetakan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki pemain PSHW. Seperti halnya konsenrasi pemain sepanjang pertandingan dan rotasi bermain.

foto:pshw

Saat melawan Madura United, PSHW menang 3-1. Kala itu, pemain Laskar Matahari punya tekad dan semangat kuat membalas ketertinggalan hingga memenangi pertandingan. Sementara saat melawan Persik, sempat unggul lebih dulu, tapi pada menit-menit akhir jelang pertadingan berakhir kebobolan dua gol.

“Kita telah mengevaluasi dua hasil uji coba itu. Yang jelas, jelang ke Cilacap, semua pemain PSHW harus benar-benar siap,” tandas legenda Persebaya itu.

Pelatih yang pernah menjadi pemain langganan timnas Indonesia tersebut, juga puas dengan kemajuan pemain menjalani pemusatan latihan. Dia melihat keseriusan para pemainnya untuk segera kembali ke performa terbaik.

“Saya puas. Semua pemain melakukan dengan serius dan penuh semangat,” ungkap Yusuf. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.