Fisik Harus Terjaga Meski Libur Pertandingan
Obi, pemain naturalisasi asal Nigeria, trial di PS Hizbul Wathan/foto:pshw

Fisik Harus Terjaga Meski Libur Pertandingan

Para pemain PS Hizbul Wathan harus tetap menjaga fisik meski belum ada kepastian jadwal pertandingan Liga 2 2020. Karena itu, mereka tetap berlatih meski dilakukan secara tertutup. Libur pertandingan bukan berarti pemain bisa berleha-leha.

Hal itu ditegaskan Manajer PS Hizbul Wathan Suli Da’im, Jumat (20/3/2020). “Kita harus siap dalam kondisi apa pun. Termasuk sekarang, belum ada jadwal pasti kapan pertandingan Liga 2 akan digelar,” katanya.

Menurut Suli, libur pertandingan ini tak menyurutkan timnya terus melakukan pembenahan. Faktor fisik dan kebugaran pemain juga menjadi perhatian manajemen. Sebelumnya, Pelatih PS Hizbul Wathan Yusuf Ekodono juga melakukan pemantapan di lini serang. Ini setelah melihat hasil pertandingan melawan Persijap Jepara, Minggu (15/3/2020) lalu.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator liga memang akan membuat jadwal baru setelah PSSI dan Menpora menghentikan pertandingan Liga 1 dan Liga selama dua pekan. Penghentian terkait makin meluasnya persebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Kata Suli, waktu dua pekan tanpa pertandingan itu belum mutlak. Artinya, PSSI bisa saja memerpanjang libur pertandingan kalau wabah virus corona ini dianggap masih membahayakan.

“Kita lihat saja nanti. Yang jelas, kami terus menyiapkan diri agar bisa tampil optimal dalam setiap pertandingan,” tandas pria yang menjabat Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur itu.

Yusuf Ekodono memberikan instruksi saat latihan PS Hizbul Wathan di Lapangan Unesa.foto:pshw

Sementara, Yusuf Ekodono terus mematangkan skema permainan tim berjuluk Laskar Matahari itu. Beberapa tips dan trik diberikan. Dari skema bertahan, menyerang,  dan transisi.

“Transisi bermain ini sangat penting. Dari menyerang ke bertahan maupun sebaliknya,” ujar legenda Persebaya itu.

Dalam latihan kemarin juga dihadiri pemain naturalisasi yang ikut trial di PS Hizbul Wathan. Namanya Bayami atau karib disapa Obi. Pria asal Nigeria itu sekarang sudah menikah dan tinggal di Sidoarjo. Belum ada kepastikan Obi akan diterima atau tidak sebagai pemaian PS Hizbul Wathan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.