MO HWFC Hadiri Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah
Para peserta saat berada di Pesma Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo. foto: ist

MO HWFC Hadiri Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah

Sedikitnya 100 perwakilan media Muhammadiyah bertemu di Solo. Pertemuan bertajuk Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah itu, digelar di Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat-Minggu (22-24/7/2022).

Para perwakilan media Muhammadiyah tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya, Bandung, Bogor, Semarang, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Lampung, dan Makassar.

Perwakilan media officer (MO) hizbulwathanfc.id, media resmi Hizbul Wathan Football Club (HWFC), ikut dalam acara tersebut. Mereka, Agus Wahyudi dan Abdul Wahab.

“Tentu saja bangga bisa hadir di acara ini. Saya berharap jambore media bisa digelar secara periodik,” ujar Agus Wahyudi, Minggu (24/7/2022).

Menurut dia, adanya kegiatan ini sangat konstruktif. Mengingat Muhammadiyah sangat membutuhkan penguatan dan percepatan dakwah, khususnya di ranah digital.

MO HWFC Hadiri Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah
Mengunjungi Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta yang akan dipakai Muktamar ke-48. foto: ist

Selama ini, terang Yudi, HWFC selalu mengabarkan melalui rilis resmi perkembangan dan aktivitas klub sepak bola milik Muhammadiyah itu.

“Begitu pula teman-teman lainnya. Mereka mengabarkan kegiatan-kegiatan persyarikatan di masing-masing daerahnya. “Saya optimistis gerakan ini terus berkembang dan akan menemukan polanya,” kata dia.

Mukhtarom, ketua panitia acara, menegaskan jika pertemuan ini merupakan yang pertama kali digelar. Dia mengaku, awalnya berupaya menghubungi satu per satu pengelola website yang berafiliasi Muhammadiyah.

“Saya tidak tahu pemiliknya. Tapi saya tahu bahwa media ini berafiliasi Muhammadiyah dengan domain berakhiran MU. Alhamdulillah, banyak yang berkenaan bergabung,” katanya.

Mukhtarom menuturkan, melalui forum ini, dia bersama-teman-teman yang lain ingin menyatukan visi agar bisa membahas isu-isu bersama.

Dia juga berharap, lewat forum ini, para pegiat media bisa ikut mensyiarkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah yang akan digelar secara luring pada 18-20 November 2022 mendatang.

MO HWFC Hadiri Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah
Pabrik Gula Colomadu yang bakal dipakai bazar muktamar. foto: ist

Zainal Arifin, salah seorang pembicara, menuturkan, acara ini selain sebagai ajang silaturrahim, juga untuk mengukur kekuatan media afiliasi Muhammadiyah dalam penetrasi informasi berkaitan dengan isu-isu yang di usung persyarikatan.

“Tantangan ke depan semakin berat dan keras. Muhammadiyah harus mengambil langkah cepat agar bisa memperkuat dan memperluas jaringan dakwahnya,” ujar Zainal.

Acara Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah dibuka secara daring oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Haedar Nashir ini. Ada beberapa pembicara yang mengisi acara ini, di antaranya Ismail Fahmi (Drone Emprit), Dr Rulli Nasrullah (pakar sosmed), dan Teguh Hadi Prayitno (Ketua MPI PWM Jateng). (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *