Gaspol Benahi Fisik Pascalibur Panjang
Zulfikar Achmad dan M Kemaluddin mengikuti latihan perdana.foto:hwfc

Gaspol Benahi Fisik Pascalibur Panjang

Hizbul Wathan FC (HWFC) serius mempersiapkan diri jelang bergulirnya Liga 2 2021. Sejak Minggu (6/6/2021), klub berjuluk Laskar Matahari itu menggelar pemusatan pelatihan di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

30 pemain diboyong di kampus terbesar di Jawa Timur tersebut. Rinciannya 14 pemaian pernah memperkuat PSHW pada Kompetisi Liga 2 2020. Sisanya, para pemain dari jebolan beberapa klub Liga 1 dan Liga 2.

Para pemain yang ikut pemusatan pelatihan dan seleksi ditempatkan di mess mahasiswa UMM. Bersebelahan dengan lapangan sepak bola yang berukuran standar internasional.

Pada latihan perdana  dimulai sore dengan latihan ringan untuk pemulihan fisik pemain. Senin (7/6/2021) pagi, langsung menggelar latihan fisik. Para pemain melahap porsi latihan untuk meningkatkan stamina.

“Kita hanya punya waktu sekitar satu setengah bulan sebelum kompetisi Liga 2 digelar. Kita ingin fisik pemain bisa segera meningkat,” tutur Agam Haris Pambudi, pelatih fisik HWFC.

Agam menyebut, dari pantauan pada latihan hari pertama, rata-rata fisik pemain baru 40 persen. Hanya segelintir pemain saja yang kondisi fisiknya 70-80 persen.

“Ini pekerjaan rumah cukup berat,” tandas Agam.

Berdoa sebelum menjalani TC di UMM.foto:hwfc

Kompetisi Liga 2 2021 ini, diakui Agam, dipastikan sangat ketat. Karena kontestan Liga 2 sangat serius mempersiapkan timnya. Bukan hanya tim lama maupun tim lama yang namanya berubah.

Berkaca dari itu, Agam menargetkan sepekan ke depan sudah ada perbaikan fisik dan stamina. Beberapa program pun sudah disiapkan. “Semoga target perbaikan fisik bisa segera teratasi,” ujar dia.

Sementara itu, Yusuf Ekodono (head coach) mengatakan, pemusatan latihan di UMM ini bisa menjadi bahan pelajaran dan pengalaman. Pasalnya, dia bisa melihat perkembangan dan kemampuan para pemain.

“Kita akan nilai mereka dari dari ke hari. Baik fisik maupun skill-nya. Kami sudah menyiapkan rapor,” ujar legenda Timnas Indonesia.

Yusuf juga mengatakan, guna mengetahui perkembangan pemain, dia mengagendakan  uji coba tanding. Namun dia belum bisa menyebutkan klub mana yang akan diajak uji coba.

“Ada klub Liga 1 dan Liga 2 yang siap. Namun tidak dalam minggu-minggu ini. Kami sekarang fokus pembenahan fisik pemain,” kata Yusuf. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.